Jangan Sembarangan Ngucap


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Dulu sebetulnya udah pernah punya blog, udah sempet nulis juga…tapi karna nulisnya ga konsisten akhirnya lupa password en bla bla bla banyak macem alasan lainnya yg membuat saya ga nulis lagi… Untuk tulisan pertama disini, saya mau cerita pengalaman saya ini.
Dari dulu saya itu seneng bgt sama anak kecil. Dari bayi msh merah sampe yg setingkat SD juga saya suka. Seneng lucunya mereka, bandel2nya juga suka haha..walaupun sebenernya saya itu bukan tipe penyabar. Tapi kayanya udah jd tantangan buat saya bikin anak kecil seneng, ketawa apalagi sampe nurut sm saya. Kan biar bisa disuruh2 beresin kamar, masakin, nyuciin baju, ngepel, dll. #eh? #loh?
Hahahahaha…ga kok, bukan gitu maksudnya. Biasanya anak kecil kalo baru kenal tuh rada susah kan ya deket sm orang gede. Nah saya tuh seneng kalo mereka itu akhirnya bisa deket sm saya. Dulu waktu masih ngekos, ibu kos saya sering nitipin anak2nya ke saya. Sementara temen2 yg lain masih di kampus, ngerjain tugas, ato jalan2 ke mall, saya malah diem di kosan ngasuh anak2 ibu kos. Umurnya 4thn, adiknya 2thn, keduanya cowo dan nakalnya ampuuunn deh… Kalo anak2 ini udah ada di kamar saya, pasti deh bantal n boneka2 bertebaran di lantai. Dan harus ekstra sibuk ngeladenin permintaan mereka, yg hauslah, laperlah, pgn pipislah, dll… Repot yeee…..tp seneeenngg banget ahahaha…
Pindah dr kosan, agak merindukan kehadiran anak kecil. Berharap bisa segera nikah, tp ternyata Allah belum menghendaki. Waktu jaman kuliah saya sering ke panti asuhan, kalo duit lg pas2an bawa duit 20rb cukup, diamplopin ketemu dah bayi2. Jd niatnya sebenernya bukan karna pengen sedekah, tp karna pengen ketemu bayi2. Hahahahaa!!! Sempet kepikiran pengen adopsi, pas ditanyain persyaratannya ternyata harus pake koprol, eh salah…hihii.. Harus ada surat nikah, keterangan penghasilan, kartu keluarga, dll. Surat nikah jelas belum ada. Keterangan penghasilan jg belum. Kartu keluarga masih ngikut orang tua. Boleh sih sebenernya pake atas nama ortu, tp kalo harus ngerepotin mereka ya kasian juga… Akhirnya niat adopsi dilupakan ihikk ihikk…😀
Nahh…waktu itu akhirnya sering keucap, ‘bisa ga ya punya anak ga pake nikah tp ga dosa’… Waktu itu sih ucapan sekedarnya aja, tp akhir2 ini baru nyadar bahwa bisa jadi ucapan saya waktu itu jadi ‘doa’. Hhmmm…..
April 2009 ponakan saya lahir.. Karna ayah-bundanya tinggal serumah ama saya dan ini anak pertama, jadilah seisi rumah excited dgn kehadirannya. Termasuk saya doooongg…hehhehe
Dr masih bayi merah, ni anak udah sering maen di kamar saya. Setelah tali pusernya puput, saya mulai mandiin dia 2x sehari. Belajar gantiin popok, bersihin pupinya, nyuapin, dll. Umur seminggu, udah jalan2 ke mall bareng, sementara bundanya lg jalan milih2 tas, bayinya malah saya yg gendongin, karna waktu itu blum punya stroller. Si ponakan ini juga makin sering tidur di pangkuan atau gendongan saya. Sampe gedean dikit, kebiasaan ini masih berlanjut, apalgi saat si teteh mulai hamil anak ke 2. Makin lengketlah anak ini sm si saya.
Sejak masih bayi merah, saya dan adik saya udah seneng ngaplot foto2nya ke facebook. Walopun bukan anak sendiri, tp ini jadi satu kesenengan tersendiri merekam segala tingkah polah lucunya anak ini.
Anak ini punya kebiasaan unik. Sebelum bobo, sambil mimi dia seneng megangin kuping. Awalnya kuping bundanya dulu. Sebetulnya, dia juga lengket banget sm mama dan sering minta bobo sm mama. (Re: dia manggil mama saya ‘mama’ bukan nenek). Tapi dr kebiasaan ini, akhirnya dia juga jd seneng megangin telinga saya. Bahkan megangin kuping mama saya aja dia ga mau, kalo ada bundanya disitu pun tetep milih saya, ‘mau inga iya’, gitu katanya…
Jadi biasanya tiap malem setelah isya, sebelum bobo saya kelonin dulu, sambil dia mimi dia juga milin2 kuping saya. Abis sholat subuh, biasanya dia udah bangun dan minta mimi. Saya juga udah harus stand by di kasur nyokap dan siap2 ikutan bobo lagi hahaha… Siang setelah duhur, waktunya dia bobo siang juga sama. Sambil telinga saya dipilin2, saya ikutan boci deh hahahahahaa!! Kalo mau kemana2 jg nungguin dia boci dlu, sering feel guilty soalnya kalo dia pengen ikut tp ga mungkin diajak. Heheuu…
Soal ‘jangan sembarangan ngucap’ sekarang baru kepikiran, coba kalau dulu ngucapnya ga asal kaya gitu, mungkin bakal nikah dan dititipin bayi beneran, dr rahim sendiri. Huehehe… Tp sebetulnya saya bersyukuuurrrr banget!!! Alhamdulillaahirabbil’aalamiin. Ternyata Allah mencatat ucapan saya waktu itu sebagai doa dan dikabulkan pula. Subhanallah. Saya dikasih kesempatan untuk ngurusin ponakan saya, dr masih bayi merah sampe saat ini seperti anak saya sendiri. Yang paling seneng tuh kalo dia udah bilang ‘aa sayang iya’ trus nyiumin saya dr pipi kanan, pipi kiri, bibir, hidung trus kening. MasyaAllah, Allah baik banget ngasih pengalaman ini buat saya.
Mungkin juga Allah punya maksud lain, bukan hanya belajar gantiin popok, nyuapin makan, ngajarin doa+sholat, dll ke anak ini, tp juga supaya saya lebih dewasa. Selama ini saya memang masih sering kekanakan, dewasanya baru muncul saat2 tertentu kalo udah bareng ponakan2 saya hehehe… Allah juga mengajarkan saya bersabar dr pengalaman ini. Bersabar dlm segala hal, menghadapi orang lain (bukan hanya ke anak kecil), menjaga lisan dan nada suara, bersabar menunggu hingga saya dipertemukan dengan sang jodoh idaman juga. Aamiin.. :):):)
Dan yang paling penting adalah bersyukur!! Waktu itu ada temen yg bilang kasian ya sementara mereka udah pd ngurus anak, saya masih sendiri hehhee.. Dia gatau aja kalo dirumah saya juga dikaruniai kesempatan ini hihihi.. Allah memang Maha Besar dengan karunia-Nya. Kita ga pernah tau gimana cara Dia mengabulkan doa2 kita. Pengalaman ini juga bikin saya makin yakin pada-Nya, bergantung hanya pada-Nya dan berserah hanya kepada-Nya.
Satu pelajaran lagi, hati2 kalau berucap karna bisa saja menjadi doa. Jangan pernah berucap hal yg buruk. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

Leave a Reply

