instead of OCD, i prefer to food combining


Demi menjaga harmonisasi penampakan personal (coba cek artinya di vickybulary), sekarang makin banyak aja kan ya cara-cara buat nurunin berat badan. Dari yang mulai minum susu he*****fe, ke dokter ini, minum pil itu, beri-berian dan semacamnya, sampe belakangan ini mulai booming juga tuh yg namanya food combining.

Awal kenal metode ini tuh sejak baca twit @erikarlebang sekitar 6 bulan yang lalu, diubek abis deh tuh biar paham juklaknya, sampe beli bukunya segala. Efeknya menyenangkan sekali \(´▽`)/ turun sekitar 5 kiloan dalam 3 bulan. Huhhuuuyyy..

Ternyata 3 bulan terakhir ini mulai mentok, mulai ga sabaran, ini berat badan kok ga turun-turun lagi sih. Mulai browsing lagi sana sini, ketemu deh OCD.. Dicobain juga, tapi ternyataaaa hohoho.. Pertama maag saya kambuh, trus akhirnya mulai masuk angin dan flu, sampe diare, karena nahan lapar terlalu lama. Terutama karna tiap nyampe rumah ternyata jadwal makan saya udah lewat, so harus puasa 20 jam lagi.. Ternyata efeknya ke tubuh saya cukup parah, karena pola makan yang berubah drastis, badan tiba-tiba jadi protes keras..

‘Penyakit’ saya yang sebenarnya tuh, ga kuat nahan lapar, alesannya sih karna maag akut yang gatau gimana lagi cara nyembuhinnya. Istimewanya FC, karena sejak nerapin FC, segala macem penyakit di tubuh saya itu jadi ga berasa, termasuk si maag ini. Padahal dari juklaknya, jelas-jelas bangun tidur langsung minum air anget plus perasan jeruk lemon/nipis (jeniper ini ternyata bagus banget buat liver) n cuma boleh makan buah sampe jam 11 siang.

Kalo kata om Dedy, as he really loves tasty food, that’s why OCD is the right choice for him. Sayangnya, not for me.. I do really love tasty food, tapi nahan lapar ampe berjam-jam is totally not working for me. Walopun pas waktu makan bisa bebas makan apa aja, tapi tetep aja ada rasa bersalah kalo segala makanan dihajar. Beraaattt bgt, mau nangis rasanya.. *lebaaayyy*😀

Sebaliknya, kenapa FC jauh lebih aman karena saya bisa makan sekenyang-kenyangnya tanpa takut jadi gemuk. Bangun pagi ampe jam 11 siang, waktunya makan berbagai macam buah sekenyang-kenyangnya..!!! Jam 12 udah boleh makan karbo atau protein hewani, plus sayuran segar sekenyang-kenyangnya..!!! Sore masih bisa ngemil sayuran segar sekenyang-kenyangnya. Makan malam, karbo atau protein hewani lg, plus sayuran segar sekenyang-kenyangnya..!! Yeap! Ga salah, sekenyang-kenyangnya!!!! That’s what I do, I become a fruit freaks and veggie eater!!😀

Istimewanya lagi, sejak nerapin FC, saya jadi jarang banget sakit. Dengan waktu tidur malam yang selalu kurang dari 3 jam dan jadwal kegiatan yang padat di siang harinya, untung banget kalo siangnya masih bisa tidur sejam aja. Duluuu…, flu itu jadi penyakit langganan karena keseringan pulang malem n di mobil ga nahan banget kalo ga pake AC. Bulan pertama nerapin FC, orang2 serumah pada gantian kena flu, alhamdulillah saya aman, sampe 6 bulan terakhir ini. Pulang malem dan kecapean pun, virus influenza ini cuma mampir kurang dari 6 jam, ga perlu minum obat apapun, paginya udah sehat kembali. Asik yah..

Kalo ada pertanyaan ‘kok bisa gitu?’ Jawabannya, karena tubuh kita ini adalah salah satu maha karya-Nya, sempurna banget sampe bisa nyembuhin dirinya sendiri.. Yang menghambat hanyalah asupan-asupan makanan yang salah aja.. Dan ini juga jawabannya kenapa berat badan saya mentok ga turun-turun lg.. Karna di berat badan segini, saya sudah berada di ‘kondisi sehat’. Alhamdulillah..

Susu, kopi dan minuman manis lainnya juga mulai ditinggalin. Awalnya berat banget ninggalin kopi, tapi ternyata badan jadi lebih ringan. Dan jadi ‘pelor’ pulak hahaa.. Nempel kasur dikit, bisa langsung molor xixixi..

Oiya, dari hasil beberapa penelitian, ditemukan ternyata susu juga jadi penyebab berbagai macem penyakit. Mulai dari lendir, sampe penyakit berat sebangsa kanker. Sejak kenal FC, akhirnya dapet banyak pengetahuan deh tentang penyakit-penyakit n cara penyembuhannya. Dan penyembuhan yang paling simpel, adalah dengan nerapin FC! Cukup makan buah dan sayuran segar dengan juklak yang tepat, tinggalin susu, kopi n produk-produk olahan, in sha Allah badan aman, sehat terjaga selalu.

Jadi saran saya, ibu-ibu yg masih khawatir anak-anaknya batuk or pilek ga sembuh-sembuh, coba mulai ganti susunya dengan buah-buahan dan mulai terapin FC ke anak-anaknya.🙂 Boleh kok FC for babies.. Trust me, it works! In sha Allah.. Anak manusia ya minumnya susu manusia lagi, means ASI emang udah paling aman. Susu sapi? Ya buat anak sapi hehee..Ada haditsnya juga loh…

“Tidak ada susu yang lebih baik (unggul) daripada air susu ibunya (ASI).”

(HR. Ar-Ridha)

So, ASI emang is the best kan!!? Seriusan deh, kalau aja kita tau gimana seremnya kandungan susu sapi buat anak manusia… Loh loohh ini kok malah jadi campaign stop susu? Ahahahaa.. Padahal sih saya sesekali memang masih cheating minum susu strawberry & vanila kegemaran saya dan terutama es kriimmm!!!!😀

Untuk penyakit-penyakit berat, kalo saran saya sih, tetep terapin FC juga. Agak ribet memang awalnya, makan dengan menu ‘khusus’, sayuran segar yang ga perlu dimasak (baca:mentah). Bener banget, mentah pemirsa! Alhamdulillah saya hidup di tanah sunda yang gampang banget nemu yang namanya lalapan. Btw, sayuran segarnya ga hanya model-model kol, surawung atau leunca aja sih, tapi kangkung, cabe, paprika, sawi, lobak, terong sampe brokoli pun semuanya mentah. *ps: btw nyucinya harus bener-bener bersih ya, kalo saya sih biasanya sayuran dan buah-buahannya saya cuci dgn air yg pHnya 11,5 atau paling gampang sih direndam pake cuka apel dulu lalu dibilas

Kalo buat saya, tempe tahu jadi makanan wajib banget, karna karbo dan protein hewani juga ga boleh dimakan dalam waktu bersamaan. Yap, semua pasti ada ‘harganya’. Bersyukur deh buat orang-orang sunda yang biasa makan lalapan. Kalopun doyan banget tasty food, saya biasanya jadiin hari minggu waktunya ‘cheating‘ hihii.. Alias makan makanan enak tapi ga sehat.. 6 hari lainnya ya balik FC lagi..

And here I am, kembali dengan FC, badan jadi sehat, bonusnya langsing.. ˆ⌣ˆ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s