4 Faktor Konversi Iklan


Ckck.. Makan siangnya daging nih dari mas J! *numpang nyatet*

4 FAKTOR KONVERSI IKLAN

Materi ini saya dapatkan dari hasil uji lapangan selama belajar Facebook marketing. Meski bahasan tentang Facebook marketing, tapi ilmu ini justru saya dapatkan di bisnis offline. Jadi bisa diaplikasikan di offline juga.
Pertanyaan yang sering terjadi: Aku sudah ngiklan di Facebook, tapi koq nggak ada penjualan? Padahal sudah banyak yang ngeKLIK, cookies juga sudah banyak yang nempel.

Yuk simak 4 FAKTOR yang membuat PELANGGAN MEMBELI PRODUK Anda..!

1. GAMBAR
>> Sangat berpengaruh ke Faktor ngLIRIK (melirik)? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Faktor KLIK desain:
• Warna; karena warna dasar FB adalah biru-putih, maka gunakan warna selain itu. Merah, hijau, ungu, orange, bagus sebagai pilihan warna dasar agar menyolok.
• Foto; tak harus wanita, yang penting menarik TARGET PASAR. Kalo orang hobi moge, tentu dia akan langsung melirik melihat moge. Foto juga bisa digunakan sebagai FILTER target Anda.
• Ukuran; Facebook telah menetapkan standar termaksimal (dan optimal) ukuran yang bisa ditampikan adalah 1200 x 627 pixel.
• Bentuk; Anda bisa membuat bentuk iklan tampak oval, jajaran genjang atau tetap persegi dengan garis outline yang tebal untuk membuat orang melirik.

2. HEADLINE
>> Sangat berperan membuat orang tertarik untuk KLIK atau abaikan. Headline maksimum 90 karakter jika tidak menggunakan huruf capital. Jika menggunakan kombinasi huruf capital, maka akan berkurang ruangnya. Cek tampilan jadinya di FB Ads >> bisa gunakan fanpage khusus untuk trial, yang tak nampak di TL orang lain. Rumus Perubahan:

Ds + V + Fs > R

D: Disatisfaction; ketidakpuasan terhadap kondisi sekarang.
V: Vision; perubahan yang ditawarkan.
Fs: First step; langkah awal.
R: Resistance; hambatan menuju perubahan.

Jika diterjemahkan dalam bahasa HEADLINE yang Tokcer akan menjadi:

MASALAH + SOLUSI yang menarik (semi instan) + KEMUDAHAN berubah

Contoh penerapan:
• Penghasilan 10 JUTA perhari, dikerjakan di rumah
• Bayar hutangmu lebih cepat, hanya bermodal Laptop + Modem
• Langsing dalam 30 hari, Tanpa DIET

3. KONTEN (penjelasan)
Setelah itu adalah Konten atau Penjelasan terhadap Produk yang kita Jual.

7 Hal Pokok tentang Konten:
1. What >> Deskripsi produk. Apa sih…?
2. Why >> Kenapa produk ini..? 5 Alasan Kenapa…..? Benefit, Spesialnya.
3. Who >> Siapa saja yang harus menggunakan..?
4. Whom >> Siapa saja yang pernah menggunakan..? Testimoni, Kata mereka.
5. How much >> Harganya..? Harga Promo, Diskon, Mulai dari.
6. Why now >> Terbatas, Hanya … hari, Ubah nasibmu saat ini juga.
7. Call to action >> Order disini: [link affiliate]

Jika banyak yang KLIK tapi nggak banyak yang beli, bisa jadi salah satunya karena penawaran Anda tak menarik calon pelanggan.
Produk yang bagus tanpa cara mengemas/menjual yang bagus, mengurangi nilai Konversi.

4. TARGET Pasar
Target Pasar >> pemilihan interest, gender, usia, lokasi, pendidikan, status, sangat berpengaruh di Konversi. Istilahnya: Mancinglah di kolam yang benar. Jangan mancing ikan nila di kolam kakap dan sebaliknya.

Jika Anda membidik audiens suatu ‘fanpage’, pastikan serupa dengan target pasar Anda. Caranya ya diobrak-abrik isi fanpagenya. Apakah mereka juga menjual produk-produk dengan harga serupa. Fanpage yang banyak likers-nya belum tentu potensial, jika likers-nya tipe ‘gretongan’.

Keempat Faktor itu juga sebagai acuan Split Test atau Testing Terpisah iklan Facebook marketing. Bukan sekedar jualan buta, tapi STRATEGI.

Selamat Mencoba

F!GHT

Untuk pembelian paket YEA Virtual klik disini http://bit.ly/1gSyYEL

Iklan YEAV format baru.001

http://facebook.com/airastoreID

One response to “4 Faktor Konversi Iklan

  1. Pingback: 4 Faktor Konversi Iklan by Jaya Setiabudi | the sand between my toes·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s