Catatan Untuk Mama…


Seumur hidup, orang yang bohongnya paling jago itu ya Mama..

Pas ditanya, “Mama kenapa..?” Beliau jawab, “Ga apa-apa..” Padahal tau tuh, kepalanya lagi pusing, hatinya sedang galau atau beliau lagi cape…

Pernah nih liat matanya basah, trus pas kita samperin n nanya kenapa, tetep aja jawabnya, “Ga apa-apa…”

Kalo pas lagi makan bareng nih, kita mesen menu yang beda-beda. Biasanya kita emang nawarin duluan ke Mama supaya dia nyobain makanan pesenan kita duluan. Nah, setelah makanan kita pada abis, dia juga ikut2an brenti makannya, trus bilang, “Ambil aja nih, Ma udah kenyang…”

Mama juga masakin buat kita tiap hari… Biasanya kalo potongan ayam atau dagingnya ngepas atau kurang, dia bakal misahin buat anak-anaknya, trus dia malah makan mie instan… Kalo kita tawarin lagi juga dia pasti bakal nolak, “Mama lebih suka makan mie..” Plus pake disisain pula buat kita, dengan alasan, “Ma udah kenyang…”

Ga heran anak-anak Mama pada gendut-gendut semua…😐

Mama itu sebetulnya orangnya cuek banget, bukan type Ibu yang demen melukin anaknya. Mama juga bukan orang yang enak diajak curhat. Biasanya pas saya udah mewek-mewekan, eh doi malah tetep asik maen game… -____-

Tapiiiiii…… Setelah itu, doa dalam sholatnya jadi panjaaaang bangeeettt…. Dan keliatan deh kalo ternyata matanya basah… :”(

Saya juga belajar sholat tepat waktu dari Mama. Begitu adzan berkumandang, beliau udah siap dengan mukenanya. Mama juga ga pernah bolos sholat rawatib, dhuha, witir n tahajudnya, plus ngaji yang beliau lakuin tiap abis sholat…

Anehnya….., Ma juga tetep sempet ngerjain segala hal.. Dari mulai urusan dapur, perintilan-perintilan di rumah, masih juga ada acara arisan, pengajian, atau bantuin urusan di kantor RW. Masih sempet jalan-jalan, maen sama cucu-cucunya, ngelonin cucu-cucunya, maen game dan nonton acara TV kesukaannya juga ga ketinggalan. Gitu kali ya, kalo waktu itu jadi berkah, waktu itu bisa dilewatin untuk hal-hal yang bermanfaat, plus masih dapet hiburan-hiburan kecil juga.

Mama itu pandai bergaul… Kalo di antara temen-temennya ada yang bermusuhan, beliau bisa anteng berada di tengah-tengah dan tetap disukai kedua belah pihak. Mama bahkan disukai oleh Ibu-Ibu yang menurut Ibu-Ibu lain paling ngeselin sekali pun. Mungkin karena Mama itu type Phlegmatis, yang dikit-dikit ngalah…

Tapi Mama juga type Melankolis, walaupun ga gitu medok sih.. So, perfeksionisnya tetep ada. Baju yang teratur rapih, penampilan yang selalu matching dari atas sampe bawah, alat dapur yang tempatnya selalu sama, pokonya salah dikit nyapu ato masaknya, saya udah kena protes lagi dari Mama. Walaupun, Mama tetep diem kalo ketauan ada kerjaan si Bibi yang salah…

Mungkin karena Mama ingin saya bisa sesempurna dirinya mengerjakan segala sesuatu…

Tapi ini yang sering menimbulkan konflik antara saya dan Mama.😦

Walaupun begitu, biasanya ujung-ujungnya, daripada nyuruh saya, Mama malah milih ngerjain sendiri. Karena pada akhirnya, dia tetep milih diem, ga banyak protes…

Hampir 2 bulan ini, beliau terbaring sakit. Mau ga mau, tugas-tugasnya didelegasiin ke kami anak-anaknya.

Mama yang sekarang, jadi sedikit manja… Walaupun tetep ga banyak ngeluh…

Kecuali untuk makanan-makanan yang sebenarnya beliau ga suka tapi harus beliau makan. Dokter menganjurkan supaya Mama menjaga kolesterolnya. Dan itu ‘siksaan’ buat Mama yang doyan banget martabak, gorengan, bakso, dll.

Sesekali, kami masih manjain Mama dengan makanan kesukaannya… Seneng deh kalo liat matanya berbinar-binar kaya anak kecil. Dan sebetulnya saya lebih senang melihatnya seperti ini…

Sedih banget kalo ga bisa menuhin keinginannya…

Sedih banget kalo ngeliat beliau kecewa…

Sedih banget kali nyakitin hatinya…

Ma, semoga Allah memudahkan kesembuhanmu…

I love you, Mama…

Maafkan anakmu ini yang belum bisa membahagiakanmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s