11 Langkah SISTEMASI dan Menciptakan LEADER-LEADER dalam BISNIS


Banyak PEBISNIS (pemula, maaf) ingin segera buka cabang-cabang baru atau mem-Franchise-kan bisnisnya. Seberapa siap bisnis Anda utk di-franchise-kan?
Sudahkah Anda menyiapkan SISTEM, TIM, dan LEADER utk kantor/cabang baru/lama Anda?
Kapan bisnis Anda siap ditinggalkan (autopilot) dan mengembangbiakannya atau buka bisnis baru? Gak SABAR kan? Hehehe..

Berikut adalah 11 langkah yg bisa Anda pakai dalam membangun SISTEM dan menciptakan LEADER-LEADER baru..

1. Buatlah Visi, Misi, dan budaya/value (nilai2 normatif) utk bisnis Anda. Bertanyalah pada diri sendiri: “apa yang ingin aku wariskan dari bisnisku ini? Perusahaan no 1 kah? Atau LOOSER?
2. Buatlah rencana tahunan.. Apa yang ingin Anda capai dalam bisnis utk 1 tahun ke depan? Perbarui tiap tahun..
3. Buat struktur organisasi, job description (JOBDESC), kualifikasi orang2/tim yang ingin Anda bentuk. Apakah masih ada kerjaan yg tumpang tindih di antara Tim Anda? Atau malah ada pekerjaan yg belum “dipegang” oleh siapa pun?
4. Action Plan.. Apa itu?? Cara2 utk mencapai target 1 tahun Anda, dgn dipecah2 ke bulanan. Seperti membangun anak tangga ke tujuan bisnis Anda.. Apa strategi Anda dalam menghadapi persaingan? Apa promo yang akan anda lakukan utk menaikkan OMSET? Apa langkah2 efisiensi yang harus dilakukan?
5. KPI (Key Performance Indicator).. Yaitu ukuran2 pencapaian dan indikator, untuk memonitor Action Plan Anda.. Sudahkah ada target waktu dlm penyelesaian setiap tugas dlm bisnis Anda? Berapa lama material harus tersedia dan dipesan? Dll.. 
6. Buatlah SOP, Flowchart (diagram alur kerja), dan visual control board.. Visual control board contohnya adalah absensi, target omset dan aktual pencapaian, dan target2 lainnya..
7. Men-training tim/anak buah Anda.. Baik dlm produksi/operasional, jg dalam jasa/melayani.. Apakah tim Anda bekerja dgn suasana yg menyenangkan, atau raut mukanya harus disetrika dulu? :p
8. Melakukan review secara periodik.. Misal review mingguan, atau bulanan, BAHKAN bisa juga harian.. Di banyak perusahaan BESAR, terutama perusahaan Jepang melakukan ini, yaitu: 5 minute talk sebelum mulai kerja, di tiap bagian/departemennya.
9. Membuat aturan2 main.. Yaitu kesepakatan bersama di antara tim Anda.. Peran2 kecil yg bisa Anda mainkan secara fleksibel, misalnya: karyawan terbaik minggu ini, membuat standar laporan internal departemen, siapa PR dalam masing2 departemen, dll..
10. Melakukan refresh visi 5 tahun ke depan.. Bisnis Anda akan jd spt apa stlh 5 thn lagi? Visualisasikan dengan jelas, berikut step-by-step nya..
11. Menumbuhkan dan menata kembali tim Anda dgn cara rekrutmen baru, maupun menggali potensi tim yang sudah ada.. 

Artikel ini masih sangat singkat, Anda bisa mengembangkannya sendiri dan ber-INOVASI dlm skala bisnis Anda masing-masing. Semoga bermanfaat..

Khusus untuk yang mau Jualan Langsung LARIS klik disini http://yuk.bi/t5207

One response to “11 Langkah SISTEMASI dan Menciptakan LEADER-LEADER dalam BISNIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s