Levels of Learning


image

Well, izinkan saya share tingkatan dalam belajar menurut NLP dari buku yg saya baca…🙂

Tentu anda pernah dengar tentang pikiran sadar dan tak sadar kan? Bahasa keren nya concious and unconcious mind. Concious adalah sgla sesuatu yang berada pd level kesadaran saat ini, dan unconcious adalah hal2 yang berada saat ini berda di luar level kesadaran kita.

Sederhana nya begini, coba anda ingat2 kebiasaan anda bangun pagi setiap harinya. Bangun, pegang hp, wudhu, sholat, mandi, sikat gigi dst kan… Pertanyaannya pernahkah anda berpikir dulu sebelum melakukan semua itu? saya rasa tidak. Kenapa kok gk berpikir? Ya jelas karena ini ada pada level unconcious mind.

Contoh lainnya adalah ketika anda sedang bersepeda hari ini. Apakah anda terjatuh? Apa anda berpikir bagaimana cara mengendarainya?
Tentu berbeda ketika pertama kali anda belajar bukan? Dulu anda banyak berpikir dan terjatuh…

Sembari anda mengingatkan kembali pengalaman anda bersepeda, saya YAKIN anda pun semakin PAHAM bagaimana CONCIOUS dan UNCONCIOUS Mind anda bekerja🙂

Then, di level inilah para pembelajaran kemudian mengelompokkan level belajar ke beberapa tingkat.

1. Unconcious incompetence, Merupakan kondisi kita tak tau sama sekali tentang ketidak tahuan kita. Misalnya ketidak tahuan pentingnya keterampilan hidup seperti membaca dan berhitung ketika kecil dulu.

2. CONCIOUS inCoMPETENCE, suatu kondisi ketika kita tahu dan sudah mulai mempelajari Suatu ketrampilan namun belum bsa menampilkan secara sempurna. Hal ini terjadi karena masih minim jam latihan nya.

3. CONCIOUS CoMPETENCE,  suatu kondisi dmana kita sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang kita inginkan, namun belum mampu menampilkan secara konsisten. Persis seperti pertama kali anda belajar sepeda, sudah tau dg detil bagaimana cara bersepeda dg baik  tpi mesti terus latihan ekstra keras karena harus senantiasa mengingat cara bersepeda secara sadar.

4. Unconcious competence, disinilah level penguasaan terjadi. Dmna keterampilan yang sudah di pelajari menjadi kebiasaan yang bsa dimunculkan kapanpun tanpa harus mengingatnya langkah demi langkah. Inilah tujuan dari pembelajaran, menempatkan sebanyak mungkin keterampilan yang kita pelajari di unconcious sehingga kita bisa melakukannya tanpa harus memikirkan nya.

Pernah ada sebuah pertanyaan “kok, kamu GAMPANG yah presentasinya, trus closing nya ENAK lagi! Gk perlu jelasin air pula!”

Kira2 menurut anda apa jawabnya setelah anda belajar level of learning ini? Ya! Karena itu semua sudah di UNCONCIOUS COMPETENCE…

Sembari anda memahami 4 level di atas yang akan menjadikan anda semakin SEMANGAT dan ANTUSIAS untuk terus BELAJAR dan EDUKASI Kangen WATER, maka ada level terakhir yg akan menjadikan anda semakin PeRCAYA DIRI di bisnis ini. Apa?

Inilah….

5. Mastery. Lebih dari sekedar unconcious competence, Mastery memungkinkan kita memunculkan keterampilan dg menambahkan nilai estetis ( keindahan) di dalamnya. Ia tidak hanya sempurna secara teknis, namun juga indah untuk di lihat.

Nah, terus gmna caranya bisa menyentuh 2 level pembelajaran terakhir itu?

Aha! Ini dia nih poin penting yang akan kita bahas…

Sebelum melanjutkan membaca, tarik nafas dalam-dalam terlebih dahulu dan hembuskan secara perlahan agar rileks….

Ya, ulangi sekali lagi….
Maka anda akan menemukan diri anda yang lebih rileks….

Ya, sembari membaca ini, ulangi sekali lagi….
Dan….
Diri anda pun semakin RILEKS, TENANG dan NYAMAN….

Well, kta lanjutkan….
Setidaknya ada 3 fase pembelajaran yang kita kenal cycle of learning. Karena bentuknya cycle (melingkar) , maka proses ini terus berulang dan bertumbuh sepanjang hidup…

1. Fase knowledge (pengetahuan)
Proses pembelajaran di awali dg proses mengetahui yang akan di pelajari. Mengambil istilah ki hajar dewantara, fase ini di sebut fase niteni, alias mengamati apa yang akan di pelajari. Membaca buku, ikut training, di coaching, diskusi merupakan fase knowledge. Ia mengangkat anda ke level concious competence paling bawah. Loh kok paling bawah?

Sabar… teruskan saja membaca ini yang mana ketika anda meneruskan nya anda akan semakin RILEKS dan MeMAHAMi tulisan ini…

2. Fase practice
Nah, pada fase inilah jawaban pertanyaan barusan. Anda bisa main memasak? Nah, sebanyak apapun anda baca buku tentang cara memasak, maka itu tidak akan menjadikan anda mampu memasak bukan…
Anda butuh mempraktekkan nya. Karena dg praktek anda mengangkat diri anda dari level concious competence ke level unconcious competence…

3. Meaning )|( makna )|(
Manusia adalah makhluk makna. Mari ingat2 apa makna makan ketika kecil. Jika anda sena dg saya, maka makan adalah sesuatu yg melelahkan. Karena saya mesti berjibaku dg ibu saya setiap waktunya makan “orang kok disuruh makan terus”, demikianlah saya waktu itu. Namun ketika smp, sma? Makna nya pun berubah. Saya justru jdi suka makan dan bsa menikmati makanan apapun dg porsi yang cukup banyak.

Bagaimana sekarang? Karena berat badan saya sedang melonjak, sayapun memaknai makan sebagai kebutuhan menjaga kesehatan. Memang saya masih makan enak, tapi diatas itu saya menjadi lebih memilih makanan yang masuk kedalam tubuh saya, sama seperti minuman yang kini saya MINUM nya KANGEN WATER. Hehe

Lalu apa hubungannya nya dg NLP dan level belajar?

Nah… hanya dengan anda terus berlatih maka anda akan menemukan sebuah makna dari apa yang anda lakukan.
Maka, level belajar anda akan naik dari unconcious competence menjadi mastery…

Lingkaran belajar  ini terus berputar dan tak pernah berhenti…

So, sama seperti ada yang masih silent reader dan komen secukupnya dan ada yang selalu KEBAKARAN di grup ini. Tentu hasil dari keduanya akan berbeda! Karena levelnya pun berbeda…

Mau menaikkan level? Maka naikkan fase belajar anda!!!

Begitupun dengan EDUKASI Air Kangen Water, semuanya berfase dan dari fase itu akan menaikkan Level!!!

So, mari berdansa dg setiap prosesnya…

Ingat! “Kita hari ini adalah produk kita kemarin, dan kita masa depan adalah produk kita hari ini”

Selamat belajar, selamat menikmati prosesnya dan SEE YOU as PLATINUM SAMURAI in FEBRUARI, LCD Jakarta!!!!!  -Hengky-

Khusus untuk yang mau Jualan Langsung LARIS klik disini http://yuk.bi/t5207

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s