Belajar Marketing Plan


Semalam kami bertemu dengan Pak Andhyka, lumayan dari jam 19 sd jam 21.30. Banyak yang saya dapat, namun yang paling diingat adalah komisi 4A yang bisa mencapai Rp 230 juta/bulan.

Kita sama-sama tahu bahwa 4A adalah mesin ke 21. Nah di mesin ke 21 itu mesti nama kita alias kita beli mesin kedua. Boleh SD 501 yang harganya Rp 48.500.000, boleh juga Anespa seharga Rp 27.000.000,-

Tapi yang menarik adalah saat kita mendirect 2 kelebaran di kaki Mesin Kedua, komisinya @ Rp 14.500.000 alias setara 5A!

Padahal untuk menjadi 5A perlu mencapai penjualan 51 unit mesin. Nah dengan beli mesin kedua di kaki 4A alias baru menjual kurang dari setengahnya, sudah bisa menikmati komisi @ Rp 14.500.000.

Lalu saat mendirect kaki ke 3 alias 2A, beli lagi mesin ke 3 atas nama sendiri, dan setiap mesin yang diclosing mendapat komisi Rp 20.300.000 sd Rp 23.200.000 per unit!

Sekarang jika kita mampu menjual 5 unit mesin per bulan di bawah Mesin Ketiga, maka komisinya -bila dikalikan Rp 20 juta pun- sdh berjumlah Rp 100 juta. Sekarang bagaimana bila ada 15 closingan per bulan?

Itulah kemudian yang dialami leader-leader di bisnis ini. Mereka mendapatkan penghasilan Rp 100 juta lebih per bulan hanya di level 4A.  Karena sudah menjadi bukti, mereka percepat lagi bisnisnya hingga mencapai 6A2 dengan komisi hingga Rp 200-500 jutaan per bulan.

Jadi start awalnya adalah 4A. Lonjakan penghasilan itu dimulai dari 4A. Maka pertanyaannya kapan Anda mencapai 4A?

Nah sekarang apa yang mesti kita lakukan agar mempercepat 4A?

Kita mesti paham bahwa closingan itu terjadi diantara 3 siklus ini: Edukasi One on One –> Home Sharing/Meeting –> Kangen Ghatering. Jadi tidak cukup dengan One on One saja, tiap pemilik mesin perlu memiliki jadwal Home Sharing minimal seminggu sekali di satu tempat (rumah, cafe, foodcourt).

Lantas siapa yang diundang? Saat kita edukasi One on One, kita tentu menemui prospek yang positif, nah ajak mereka untuk mengundang rekannya ke Home Sharing sebagai bentuk komitmen mau sukses di bisnis ini.

Lantas semua prospek yang kita edukasi di One on One serta Home Sharing, ajak ke Kangen Gathering yang diselenggarakan setidaknya 1 bulan sekali.

Dari Kangen Gathering, kita akan menemukan orang-orang baru, maka ajak dan libatkan dia untuk melakukan hal yang sama. Dua sampai 3 kali mungkin masih dibantu edukasi, selanjutnya dia belajar mandiri.

Bila tertarik untuk menclosing banyak, kuncinya adalah mempercepat dan memperbanyak siklus tadi. Lakukan edukasi One on One 3-4 x per hari, lalu Home Sharing 2x seminggu, dan Kangen Gathering 2x per bulan. Bahkan lama-lama tiap minggu sangat mungkin ada KAGET dari group Anda masing-masing.

Dijamin, komisi mencapai ratusan juta per bulan kurang dari 1 tahun!

Nah sekarang, apa pondasi untuk membangun bisnis ini?

Saya bicara pondasi karena memang bisnis ini bisa roboh dalam arti punya tim banyak tapi tidak produktif. Atau edukasi banyak tapi tidak kunjung closing hingga membuat Anda malas sendiri.

Pertama SIKAP.

Sikap apa? Sikap mau belajar.

Konsultasi di bisnis ini sangat PENTING. Sebenarnya di bisnis apa pun konsultasi itu penting, tanpa konsultasi, apa pun bisnis Anda, akan besar sebentar, selebihnya bangkrut.

Nah pertanyaan saya, seberapa besar minat Anda untuk konsultasi? Apakah Anda menunggu leader Anda datang dan menghampiri Anda? Atau saat merasa ada masalah/pertanyaan, Anda langsung bergegas menemui leader Anda sekali pun mesti pergi ke luar kota?

Kedua, seberapa besar minat Anda untuk belajar menjadi presenter handal? Apakah merasa cukup dengan apa yang diajarkan leader Anda atau bergegas belajar di tiap Kangen Gathering yang diselenggarakan tim lain sekalipun di luar kota?

Ketiga, seberapa besar RESPEK Anda kepada leader Anda sendiri? Apakah lebih memprioritaskan memenuhi panggilan leader yang DIPASTIKAN Anda dapat ilmu setelahnya atau memilih edukasi padahal hanya memberi PELUANG closing?

Keempat, seberapa besar minat Anda membaca dan menulis? Apakah Anda merasa cukup disuapi oleh leader Anda atau mempersiapkan diri menjadi leader besar dengan mencari ilmu dari sumbernya langsung dan membagikannya?

Kelima, seberapa siap Anda mandiri? Apakah Anda bergantung kepada fasilitas leader dalam melakukan edukasi, Home Sharing, serta Kaget? Atau Anda buat rencana dan eksekusi sendiri dengan tetap berkoordinasi ke leader?

Kedua, SIKAP.

Lho kok sikap lagi. Iya, saking pentingnya SIKAP ini. Banyak kegagalan bisnis bukan karena kurang bekerja keras, tapi sikapnya yang kurang baik.

Sederhana saja, apa pun yang Anda jual, faktanya Anda selalu menemui MANUSIA. Artinya, sebelum Anda menjual barang, terlebih dahulu Anda ‘menjual’ diri dalam bentuk KEPERCAYAAN ke orang lain.

Nah kepercayaan itu tidak muncul sekejap, tapi DIBANGUN alias diusahakan setiap hari. Kualitas hidup kita hari ini semata-mata mencerminkan sikap kita selama ini.

Jadi bila ingin mengubah dan memperbaiki hidup, maka tekadkan mengubah dan memperbaiki sikap. Pertanyaan saya, seberapa besar minat And untuk berubah? Masalah terbesar kita bukan tidak mau berubah, tapi sering tidak cepat memperbaiki SIKAP padahal menuntut perubahan cepat dalam kualitas kehidupan. Sesuatu yang mustahil.

Setelah sikap sudah mau belajar, terbuka terhadap hal-hal baru baik yang disampaikan secara lisan maupun tulisan, dan mengutamakan nalar daripada emosi, maka pondasi selanjutnya adalah IMPIAN.

Maaf, sebentar lagi mau ramadhan, artinya sudah mau lebaran lagi. Mau sampai kapan hidup seperti ini? Dari pada banting lidah cari alasan belum sukses, atau banting muka menghindar dari orang-orang tua takut ditanya “apa kabar” saat pulang kampung nanti, mendingan kita banting-banting pH drops melalui edukasi hari ini untuk menghadirkan KEAJAIBAN di Ramadhan dan lebaran esok

Yuk berubah! Jadilah pembuka rizki untuk orang-orang di sekitar. Atau mau gini-gini aja?

Wallahu’alam

Depok, 9 April 2015

Ahmad Sofyan Hadi
-The Next Legend-

#6A2
#IamNEXT
#AmazingLCD

Ingin tahu kenapa Kangen Water menyehatkan dan mampu mengubah kehidupan banyak orang? Kontak saya 081224294510🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s